Pernah mendapati rambut-rambut halus di wajah baik di wajah laki-laki maupun perempuan? Yuk simak penjelasan soal rambut-rambut halus ini.

"Normalnya wajah kita memang mengandung banyak bulu, bahkan jumlah bulu dan pori-pori di wajah jauh lebih banyak di kulit wajah dibandingkan kulit tangan maupun badan," papar spesialis kulit dari DNI Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK.

Beberapa orang memiliki rambut lembut yang terlihat cukup jelas dan lebat. Pada pria, hal ini sering kali dikaitkan dengan kesan macho. Tapi tak cuma pria, kaum perempuan pun terkadang memiliki rambut halus di wajah yang cukup terlihat.

Bagi perempuan, ada yang menganggap munculnya rambut-rambut halus ini, misalnya yang terlihat samar di atas bibir atau di dahi, sebagai suatu keseksian. Tapi ada beberapa perempuan yang malu karena menganggap rambut-rambut halus tersebut menganggu penampilan. Tak ayal mereka pun ingin bulu-bulu tersebut hilang dan tak terlihat lagi di wajah.

Terkait menghilangkan bulu di wajah, pria asal Bali yang akrab disapa dr Darma ini mengatakan cara paling efektif saat ini adalah dengan menggunakan laser atau intense pulse light atau IPL. Namun treatment ini tidak bisa dilakukan sekali saja, perlu dilakukan berulang agar hasilnya maksimal.

"Cara kerjanya merusak akar rambut sehingga pertumbuhan bulu lebih jarang dan lebih tipis. Namun pengerjaannya umumnya tidak bisa sekali treatment langsung hilang," jelas pria berkacamata ini.

Apabila cara menghilangkannya salah, imbuh dr Darma, maka bisa menimbulkan iritasi pada akar rambut sehingga meningkatkan aliran darah pada akar rambut. Hal ini bisa membuat bulu bertambah lebat.