Jakarta, Hidup dengan kondisi psoriasis rasanya amat menjengkelkan. Sebab, orang-orang yang memiliki kondisi tersebut harus bisa melawan keinginannya untuk menggaruk kulit yang terasa sangat gatal. Lantas, bagaimana ya saran dokter supaya kondisi ini lekas teratasi?

Diutarakan dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari DNI Skin Centre, psoriasis merupakan kelainan kecepatan pertumbuhan kulit pada area-area tertentu. Psoriasis sendiri umumnya tidak menular dan tidak membahayakan pula.

"Yang utama dilakukan adalah pencegahan meluasnya penyakit ini ke bagian tubuh lain," tutur pria asal Bali ini.

Psoriasis, kata dr Darma, adalah penyakit yang berkembang sangat perlahan perluasannya namun bisa menjadi meluas cepat apabila salah penanganan. Maka itu, ia menyarankan untuk menghindari garukan atau gesekan pada area kulit manapun. "Karena setiap trauma atau gesekan akan dapat menimbulkan kelainan yang sama," ucapnya.

dr Darma menambahkan, penggunaan minyak atau bahan-bahan iritatif juga dapat menyebabkan perluasan penyakit ini. Selain itu hindari juga penggunaan obat anti alergi yang mengandung steroid oral. Meski ditengarai bisa menghilangkan sementara tapi saat dihentikan akan meluas dengan cepat.

Untuk mengurangi kecepatan pergantian kulitnya, menurut dr Darma dapat menggunakan obat salah satunya metotrexate (MTX) namun dosis dan penggunaannya harus dengan pemeriksaan dokter dan harus dilakukan pemeriksaan laboratorium sebelumnya. Selain itu yang utama adalah jangan stres.

"Relaks... karena stres bisa merangsang kecepatan perluasannya," pungkas dr Darma.